Matrix Ansoff


Kondisi global saat ini membuat banyak perusahaan mengalihkan perhatian mereka lebih terarah mempertahankan posisi bisnis atau survival daripada bertumbuh, ketika kondisi ekonomi sedang menghimpit perusahaan atau bisnis Anda, seakan Anda tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan untuk tumbuh, maka saya sarankan untuk kembali melihat satu teori lama yang masih relevan untuk mencari sumber - sumber pertumbuhan bisnis Anda, yaitu Ansoff growth matrix.


Mungkin beberapa dari Anda sangat familiar dengan matrix ini dan beberapa dari Anda mungkin sudah mulai menerapkannya dalam bisnis Anda, atau ada yang baru pertama kali melihat dan mendengar mengenai Ansoff Matrix pertumbuhan bisnis, dapat saya katakan bahwa matrix ini adalah teori pertumbuhan yang relevan sepanjang masa. Mengapa karena Matrix ini menjelaskan dengan sangat sederhana mengenai pencarian sumber sumber pertumbuhan yang mungkin terjadi. Matrix ini akan menuntun Anda menemukan sumber sumber pertumbuhan yang paling mungkin bagi bisnis Anda disesuaikan dengan kondisi saat ini.


Berikut adalah diagram dari Ansoff Matrix


Kuadran 1 : Existing Product dan Existing Market. Pertumbuhan terjadi dengan melakukan penetrasi pasar


Penetrasi pasar dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti



  • Meningkatkan pembelian pelanggan Anda saat ini baik secara volume maupun secara value penjualan, misalnya Yakult mengedukasi pelanggan agar minum lebih dari 1 botol setiap hari dengan tujuan untuk membantu pencernaan Anda. Edukasi pasta gigi yang mengedukasi pelanggan saat ini untuk melakukan sikat gigi min 3 kali sehari. begitu pula halnya dengan shampoo dan produk lainnya.


  • Meningkatkan basis pelanggan yang ada saat ini, dengan mengakuisisi pelanggan baru pada market yang sama secara langsung dapat memberikan pertumbuhan bisnis yang signifikan, jika perusahaan Anda telah menjadi market leader pada produk sejenis, Anda tetap masih dapat bertumbuh dengan melakukan penetrasi maupun cross up selling produk Anda pada pelanggan yang sama. Cross Selling misalnya penjualan motor Honda sekaligus dengan aksesoris untuk motor tersebut, Up selling misalnya upgrade status kamar hotel dari superior ke president dengan diskon khusus.



Kuadran 2 : Existing Product dan New Market. Pertumbuhan dapat terjadi dengan mengembangkan dan menggarap pasar yang baru.



  • Pengembangan pasar baru dapat dilakukan dengan beberapa cara



    • Perluasan area secara geografis, misalnya menjual di provinsi baru, membuka pasar luar negeri. Apakah produk Anda sudah dipasarkan diseluruh provinsi di Indonesia ? jika Ya, pertanyaan berikutnya adalah Apakah produk Anda sudah berhasil tumbuh besar di provinsi bersangkutan ? jika belum berarti masih ada celah untuk tumbuh. Jika Ya, maka masih ada satu kemungkinan lagi bagaimana pasar luar negeri ? jangan berpikir produk Indonesia sulit menembus pasar luar, saat ini begitu banyak produk Indonesia di luar negeri sebut saja beberapa produk seperti Extra joss, Mie Sedap, di Cambodia perusahaan Indonesia seperti Dexa Medica menjadi salah satu perusahaan fasrmasi terbesar. Cobalah untuk menggarap pasar yang berdekatan yaitu ASEAN, targetkanlah untuk menjadi pemain regional mulai dari saat ini, karena pasar luar negeri sangat luas dan besar jadi tidak ada alasan bagi perusahaan Anda untuk tidak bertumbuh.


    • Pengembangan channel yang baru, misalnya pengembangan channel supermarket, pasar rakyat, Institusi. Jika pengembangan area geografis dirasakan sulit untuk Anda, ada cara lain yaitu pengembangan channel bisnis Anda. Sebagai contoh jika perusahaan Anda adalah FMCG dan produk Anda adalah snack, apakah produk Anda sudah tersedia seluruh Supermarket, pasar rakyat, atau sekolah, jangan meremehkan channel yang satu ini saudara. Pasar sekolah adalah pasar yang cukup besar untuk digarap, terlebih target market Anda sebagian besar beraktivitas di sekolah dari pagi sampai siang, ekposure produk Anda juga cukup baik dengan 2 kali breaktime biasanya mereka setiap hari melihat produk Anda sehingga bisa memberikan keuntungan dari sisi brand awareness and image.

Kuadran 3 : New Product dan Existing Market. Pertumbuhan terjadi dari pengembangan produk saat ini untuk market yang sama



  • Pengembangan produk baru seperti pada artikel saya sebelumnya ( PRODUK BARU merupakan OKSIGEN untuk perusahaan bertumbuh) , Jangan bertumbuh dari produk yang akan usang dan ditinggalkan, perusahaan harus memberikan perhatian pertumbuhan bisnis pada produk - produk baru yang memberikan benefit baik dari fitur, image sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kuadran 4 : New Product dan New Market. Diversifikasi bisnis, bertumbuh dari bisnis yang baru bagi perusahaan.

Jika bicara mengenai diversifikasi banyak perusahaan yang berkecil hati karena memiliki kekuatiran untuk berkembang di luar kekuatan bisnis mereka, perusahaan sudah comfort dengan bisnis yang ada sekarang sehingga melupakan bahwa diversifikasi bisnis merupakan salah satu cara yang handal untuk bertumbuhnya bisnis secara konsisten dan stabil. Dalam melakukan diversifikasi bisnis, suatu perusahaan tidak perlu harus merintis bisnis yang benar benar baru dan tidak ada hubungannya dengan perusahaan tersebut, tetapi dapat dilakukan dengan memilih bisnis yang berdekatan baik dari sisi produk, distribusi channel dsb. Contoh Samsung Elektronik selain memproduksi Audio dan Video juga melakukan diversifikasi yang agresif untuk produk Mobile Phone, bisnisnya tetap sama elektronik karena kemampuan Samsung di dalam teknologi sudah teruji, bahkan Samsung melakukan diversifikasi yang benar benar agresif untuk alat kontraktor bangunan dengan kompetitor Komatsu dan Cartepillar

0 comments